Mei 08, 2012

Bapak, Bacalah Tulisanku Ini



                Bapakku yang selalu kucinta dan kusayang, bagaimana kabar bapak di alam sana? Aku rindu kehadiran bapak yang selalu mendampingiku. Apakah bapak bisa menjenguk ibu dan adik di rumah bojonegoro? Aku adalah anakmu yang selalu mendoakanmu agar bapak tenang disana. Andai bapak bisa membaca tulisanku ini, aku selalu mendengarkan cerita dari ibu yang selalu membanggakan bapak dan kurasa selama bapak masih dapat menghirup udara dunia sudah menjadi seorang bapak yang hebat dan bisa menjadi panutan untukku dan dik  dito. Ibu di rumah kesepian pak, di rumah Cuma ditemani oleh budhe endah dan dik dito, sedangkan aku sekarang kos di Malang. Ibu pasti sangat mencintai bapak sampai akhir hayatnya, aku juga tidak pernah menanyakan ke ibu untuk menikah lagi. Sampai saat ini ibu sangat menikmati akan rutinitasnya sebagai PNS, pak. Di rumah menjadi sangat sepi semenjak bapak meninggalkan aku, dik dito, dan ibu. Terkadang dik dito kangen sama bapak, dik dito sekarang kelas 3 SD pak, nilai-nilainya pas ujian rata-rata bagus pak. Aku sering merasa sedih dan kasihan sama dik dito yang udah gak bisa ngerasain belaian seorang bapak. Oiya, usaha jual madu yang ada dirumah sekarang berhenti pak, karena sudah nggak ada yang mengurusi, mas sis sekarang sudah menikah dan bekerja di pabrik dua kelinci. Bapak pasti senang disana melihat keponakan bapak yaitu mas sis udah hidup berkeluarga. Keponakan bapak mas lucky juga sudah pulang dari korea pak, mas lucky langsung menikah di blitar. Bahagia banget ya bapak disana, aku tau pasti bapak sekarang lagi sama eyang ti dan eyang kakung teru juga mbah rayi sama mbah roko yang baru aja nyusul bapak disana. Salamkan aku ke mereka ya pak, aku juga rindu sama eyang-eyangku semua.
                Sekarang aku anakmu yang sulung ini sudah menjadi mahasiswa di universitas negeri malang sejak 2 tahun lalu, pak. Aku mengambil jurusan Administrasi Pendidikan atas permintaan ibu yang ingin aku masuk di bidang pendidikan, sebenarnya aku gak ingin kuliah S1 pak, ehhehe. Doakan aku pak agar cepat lulus menjadi sarjana, amin. Di Malang aku tidak sendirian pak, banyak teman-temanku sewaktu SMA yang juga kuliah di sini, bapak masih ingat kan dengan Ditok dan Yoyok yang dulu jadi temanku SMP dan SMA, mereka juga kuliah di Malang pak. Aku ingat bagaimana bapak dulu yang selalu mengajari dan mendidikku untuk menjadi pria yang mandiri, akhirnya telah kubuktikan sekarang aku menjadi anak kos yang mandiri. Bapak yang tekun mendidikku dan terkadang sampai membuat bapak marah-marah, hhehe. Banyak pelajaran yang bapak berikan kepada saya, walaupun aku adalah anak yang cukup membelot. Bapak ingat gak waktu aku masi sd sering mancing, main sepakbola, akhirnya sampai rumah badan kotor semua? Hehe. Bapak selalu mengingatkanku jika bermain terlalu berlebihan, bapak juga tidak segan-segan menamparku jika aku kelewatan, bapak juga orang yang humoris sekali di rumah sehingga sering membuat seisi ruangan tertawa, itulah sosok bapakku yang baik, tegas, disiplin, dan penyayang. Kuliahku di Malang lancar-lancar aja pak, aku punya banyak temen baru sekarang. 2 bulan lalu aku ngajuin beasiswa pak, tapi belum rejeki jadi gak tembus deh beasiswanya.  Aku juga pengen sebenarnya pak untuk ngelanjutin usaha bapak jual madu dulu setelahnaku lulus kuliah, semoga bisa terealisasikan ya pak, kita saling mendoakan ya pak.
                Oh yaa, tepat 1 tahun yang lalu aku punya pacar, pak. Pacarku manis lho pak, namanya ilma, dia seumuran sama aku. Sayang ya aku gak bisa ngenalin sama bapak, tapi bapak bisa ngerti kan kalo aku sayang banget sama dia. Cuma ibu, ilma, dan dik dito pak yang bisa buat aku tenang. Ilma juga sering aku ajak ke rumah kok pak, terus aku kenalin ke ibu sama dik dito. Andai aja bapak bisa lebih mengenal ilma, pasti deh gak nyesel sama pilihanku, haha.  Tapi, aku jarang ketemu sama ilma pak, soalnya dia kuliah di Surabaya, jadi kalo ketemuan kita biasanya gantian, kadang aku ke Surabaya, kadang ilma yang ke Malang.
                Tuhaaan, apakah kelak aku akan bertemu dengan mereka semua yang aku sayang di alam yang Kau beri nama akhirat itu? Jagalah mereka tuhan, aku memang belum termasuk hambamu yang taat, tapi aku tau Engkaulah Dzat Yang Maha Adil.

SUDARTO adalah nama bapakku. DYAH POESPITO HANDAYANI adalah nama ibuku. SATYA BAGUS ANINDITO adalah nama adikku. FETTY ILMA SAHALA adalah nama pacarku. Mereka adalah orang-orang hebat dan orang-orang yang paling aku sayang. Aku cinta kaliaan semuuaa. *pelluuukk*

2 komentar:

Anonim mengatakan...

aku sangat sangat terharu membaca tulisanmu ini sayang.. aku senang namaku bisa ditulis dari sederet orang-orang luar biasa yang ada dihidupmu, aku bangga sma kamu, kamu adalah seorang anak, seorang kakak, san seorang pacar yang baik dan bertanggungjawab. Lewat tulisan ini aku seakan mengenal bapak, seakan aku ikut merindukan bapak yang selama ini aku pun belum sempat mengenal dan bertemu dengannya. aku menyayangi orang-orang yang kamu sayangi. sayang banget sama kamu :*

Bhagas Dani Purwoko mengatakan...

Lho, tulisanku dibaca sama sayang, tapi gak dikasih nama, hehehe.
aku juga pengen bgt yang mengenal dan bertemu sma bapak ibunya sayang yg sudah damai disana. Aku udah yakin bgt kok nulis nama kamu di tulisan itu yang. Aku sayang sama kamu :*

Posting Komentar

 
;