Maret 19, 2013

Cara Belanja Online Yang Aman



CARA BELANJA ONLINE YANG AMAN
Bagi para kawula muda yang haus akan fashion, gadget, cosmetic, property, dll yang terus berkembang tidak ada habisnya pasti sangat dekat dengan transaksi jual beli secara online. Budaya belanja memang dimiliki setiap orang, tetapi yang boros juga relatif. Efek Rumah Kaca pun membuat lagu yang berjudul “Belanja Terus Sampai Mati”, jadi memang budaya berbelanja kebutuhan sekunder sangat dirasakan masyarakat urban. Namun, dalam berbelanja sekarang ada 2 sistem yaitu sistem jual beli secara konvensional (Penjual dan pembeli bertemu secara langsung, contoh: Di pasar) dan sistem jual beli secara online (Penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung).

Sangat marak sekali orang-orang sekarang mulai banyak yang beralih untuk mengembangkan bisnis dengan menggunakan sistem online, karena dengan sistem online semua transaksi menjadi lebih ringkas. Meskipun begitu, perkembangan IPTEK yang sangat berkembang pesat telah di manfaatkan oleh beberapa oknum yang sangat tidak bertanggung jawab (Menipu). Sekarang banyak sekali kasus-kasus penipuan secara online. Maka dari itu, saya ingin berbagi tips kepada kalian agar tidak tertipu oleh oknum-oknum tersebut, pengetahuan yang akan saya tulis ini penting sekali untuk disimak. Oke, tanpa basa-basi lagi, saya akan mulai memberikan tips-tips ini sebagai berikut:

1.    Jika kalian baru pertama kali terjun ke dalam transaksi membeli barang secara online, sebaiknya carilah rekomendasi dari teman dekat kalian yang sudah pernah melakukan transaksi jual beli online tersebut.
2.    Cara mengidentifikasi penjual yang tidak bertanggung jawab memang perlu kejelian. Karena para penipu punya banyak untuk menjaring para korban-korbannya.
3.    Jika kalian mau membeli barang di situs web yang ber-domain .com, .blogspot.com, .wordpress.com, .tumblr.com, .co.cc harus mencari info-info yang valid terhadap situs web tersebut, karena domain .com dan lain-lain itu sangat mudah didapatkan oleh semua orang. Tapi, apabila situs web ber-domain .co.id kemungkinan besar situs tersebut bukan penipu, karena untuk membeli domain .co.id harus memenuhi beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi sesuai data yang benar-benar valid, sehingga jika pemilik domain .co.id tersebut melakukan tindakan penipuan, mudah sekali melacaknya. Kemungkinan kecil sekali pemilik domain .co.id melakukan penipuan, sebab membeli domain itu banyak sekali persyaratannya. Kalau memang niatnya mau nipu orang gak mungkin mereka mau ribet-ribet beli domain .co.id
4.    Jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah dan tidak wajar. Biasanya para penipu modusnya barang-barang yang mereka jual berasal dari BM (Black Market).
5.    Apabila penjual melalui media sosial seperti FB, telusuri dulu daleman FB-nya si penjual. Cek album fotonya banyak gak, ada foto-foto yang lengkap sama teman-temannya, foto sama keluarga, dll. Dan jangan lupa minta rekomendasi dari orang lain.
6.    Cara paling ampuh yang pertama untuk menghindari penipuan jual beli secara online adalah melakukan transaksi dengan sistem COD (Cash on Delivery), jadi kita langsung ketemuan sama orang yang bersangkutan, atau bisa disebut juga dengan istilah “ada uang, ada barang”. Cara yang kedua adalah lakukan transaksi menggunakan REKBER (Rekening Bersama). Jika kalian belum tau istilah rekber, bisa kalian googling sekarang agar lebih jelas. Salah satu penyedia jasa rekber yang terpercaya adalah Inapay, kalian dapat membuka situsnya dan mendaftar di http://inapay.com.
7.    Forum Jual Beli (FJB) juga marak sekali sekarang, seperti http://kaskus.co.id, http://tokobagus.com, http://berniaga.com, http://bukalapak.com, dll telah memudahkan para pembeli dan penjual untuk bertransaksi, tapi pembeli harus jeli melihat kondisi tersebut. FJB yang saya sebutkan barusan rata-rata sudah memiliki sistem transaksi menggunakan rekening bersama, jadi kalian bisa menggunakannya agar transaksi kalian aman dan lancar.

Demikianlah tips-tips dari saya, semoga bermanfaat buat kalian semua. Terima Kasih :)

Nb: Jika kalian ingin meng-copy tulisan saya, tolong dikasih sumbernya di akhir postingan kalian. :)


Best Regards,

Bhagas Dani Purwoko

1 komentar:

bajutidurku mengatakan...

Terimakasih untuk tips yang dibagikan agar aman belanja online, tips ini akan sangat berguna bagi para ladies yang sering belanja online agar tetap memperhatikan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi dan tetap waspada selalu :)

Posting Komentar

 
;